-------------------------------------------------

-------------------------------------------------
Home » » Belajar cara israel bertani di padang pasir

Belajar cara israel bertani di padang pasir

Tadi nyoba lihat Statistik Website ini Melalui Hitstat. Ngga nyangka Ternyata Banyak Orang Indonesia yg Penasaran dan Bertanya-tanya ya. Bagaimana ya, Cara Israel Menanam Tanaman di Lahan Super Kekeringan dan Tandus Banget.
Padahal ya, Jika kita Baca di Arsip Wikipedia.org. Israel adalah Negara yg Berada di Timur Tengah yg dikelilingi oleh 22 Negara Arab. Sejatinya, Negara Israel yg seluas 4 Pulau Bali ini memiliki Geografi Lahan Padang Pasir Gurun Nan Tandus. Tapi kok mereka bisa menjadi Penjual Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran.
Padahal ya. Jika Kita pengen menanam Tanamanan. Kan membutuhkan “Air yg Banyak”. Nah Darimana Negara Yahudi ini mendapatkan Air dan Bagaimana Cara Tanaman Bisa Tumbuh Subur di Padang Pasir. Yuk kita cari Tahu Tips Trik Cara orang Yahudi…?

TEKNOLOGI IRIGASI :
Ternyata Cara Umat Yahudi ini Bisa Menanam Tanaman di Lahan Kering adalah Melalui Penelitian Riset dan Ilmu Pengetahuan. Salah Satu Organisasi Tersebut adalah ARO (Agricultural Research Organization).
Ini Merupakan Perpaduan Kumpulan Interaksi Kerjasama yg Erat antara Ilmuwan Yahudi, Konsultan, Petani dan Industri Pertanian Israel yg Saling Membahu Bekerjasama dalam Menyelesaikan Problem Kekeringan ini.
Di Dalam ARO ada 6 Lembaga. Yang Terdiri dari Ahli Bibit Tanaman Unggul dan Hewan, Ahli Perlindungan Tanaman, Ahli Tanah, Ahli Air, Ahli Ilmu Lingkungan dan Ahli Teknik Teknologi Pertanian. Selain ARO. Sebenarnya ada Juga Beberapa Ahli lainnya. Yaitu Ahli Unit Komputer Khusus Tanaman, Ahli BioFilter, Ahli Genomics, Ahli Bio Informatika, dan masih banyak lagi.

Salah Satu yg Lainnya adalah Ahli Irigasi. Atau biasanya disebut juga dengan NETAFIM. Netafim adalah Sebuah Produk Teknologi Micro Irigasi Sistem Tetes. Yang Menggunakan Selang Selang Kecil, yg di Taruh di Tanah. dan Mampu Meneteskan Air dan Pupuk Cair kepada Tanaman dengan Takaran yg Tepat dan Efesien. Sesuai dengan Usia Tanaman Tersebut.

Jadi ya, Misalkan nih. Kita Menanam Jagung di Padang Pasir. Petani Tinggal Menaruh aja Selang ini ke Dalam Tanah. Ketika Bibit Jagung di Tabur. Selang ini bisa diatur Volume Tetes Air-nya. Untuk Menyirami Tanaman Secara Otomatis.
Dari pengetahuan yang kami baca di Internet : Ada Beberapa Orang Indonesia yg Pernah Berwisata ke Israel. Ia melihat di Sepanjang Perjalanan. Selang-Selang NETAFIM menjulang hampir disetiap penjuru. Menetes Neteskan Air ke Tanaman dan Pohon-Pohon Setiap Hari Sesuai Dosis Umur Tanaman Tersebut yg diatur oleh Program Komputer agar Efesien dalam Penggunaan Air.
Inilah Salah Satu Teknik Cara Yahudi bisa Menanam di Tanah yg Penuh dengan Kekeringan.

Semoga manfaat.....