-------------------------------------------------

-------------------------------------------------
Home » » Membuat sendiri perekat pestisida

Membuat sendiri perekat pestisida

Jumpa lagi kawan... dalam postingan kali ini kami mau share cara membuat perekat pestisida dengan mudah dan murah. Ilmu ini ane dapatkan secara coba-coba (trial error), coba-coba yg ane maksud di sini bukanlah mencoba tips atau resep dari seseorang atau buku karna ane benar-benar awam tentang masalah ini dan apalagi setelah ane Googling ternyata bener-bener gak ada artikel ato tulisan di internet yang mau berbagi tips MEMBUAT PEREKAT PESTISIDA ini, walaupun ada mereka meminta uang, pulsa dan bahkan ada yang mewajibkan targetnya untuk mengikuti kursus yang diadakannya. Gak percaya? Googling aja dg keyword “MEMBUAT PEREKAT PESTISIDA”.
Berita baiknya, di sini kami kasih gratis.kalau hanya mau MEMBUAT PEREKAT PESTISIDA. Ok gk perlu ngalor ngidul terlalu jauh langsung aja kita ke T.....K.....P....
Dalam praktik kali ini kita akan MEMBUAT PEREKAT PESTISIDA sebanyak sekitar 11 liter.
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:
a. Air bersih 8-9 liter.
b. Teksafon 2 kg (belinya di toko kimia dg harga ±20.000/kg)
c. STPP ± 1 kg ( bahan ini mengandung Natrium dan Fosfat yang keduanya adalah termasuk unsur hara yg dibutuhkan oleh tanaman, belinya di toko kimia jg dg harga ±10.000/kg, (pilih yg grade industri)
d. pewarna (opsional, bisa ditambahkan jika ingin produk akhirnya berwarna).

2)   Alat
-Ember atau timba
-Tongkat pengaduk
-Jerigen ato botol (untuk menampung produk akhir)
3)  Proses:
Siapkan air 8-9 liter ke dalam ember.
Tambahkan Teksafon ke dalam air tadi
Aduk dengan pelan, dalam step ini Teksafon belum bisa larut sempurna dalam air
Tambahkan STPP sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil tetap diaduk.
Penting:
-          Jika STPP terlalu banyak maka adonan akan sangat kental dan membutuhkan waktu lebih lama untuk larut saat dicampur dengan air waktu aplikasi di lapangan.
-          Jika STPP terlalu sedikit maka Teksafon akan sulit larut, hal ini ditandai dengan masih adanya gumpalan-gumpalan mirip jelly dalam adonan, padahal Teksafon adalah bahan aktifnya Perekat tsb.
Terus aduk sampai Teksafon larut sempurna dalam air, dalam proses ini larutan akan berwana putih. Jika semua Teksafon telah larut maka proses selesai.
Tuang adonan ke dalam wadah jerigen atau botol. Setelah 12 jam larutan yang berwarna putih tadi akan berubah menjadi bening.
Penulis pernah membandingkan perekat yang penulis buat sendiri dengan perekat yang dijual di toko-toko pertanian seharga Rp. 15.000/lt, hasilnya adalah perekat buatan sendiri jauh lebih unggul. Cara membandingkannya adalah siapkan dua buah ember yg telah diisi air masing-masing sekitar 10 liter, tambahkan perekat buatan kita dg dosis rendah sebagai contoh kita pakai takaran 5ml saja ke dalam ember 1, dan sebagai pembandingnya kita tambahkan perekat toko (yg harganya skitar 15.000/lt) sebanyak 5ml juga ke dalam ember ke 2. Siapkan dua helai daun talas, lalu celupkan satu daun ke dalam air di ember yg berisi Perekat milik kita dan celupkan juga daun lainnya ke dalam ember ke 2, lihat hasilnya....... anda akan terkejut melihanya. Good luck..
Demikianlah postingan dari kami semoga bermanfaat.

mata air : https://klodiku.blogspot.co.id