-------------------------------------------------

-------------------------------------------------
Home » » Tikus dan solusi untuk petani organik

Tikus dan solusi untuk petani organik

Sewaktu saya melewati suatu areal persawahan, saya lihat bagian pinggir sawah sekelilingnya keluar malai. Tapi di bagian tengahnya terlihat pendek akibat diserang hama tikus.

Pada kejadian yang lain, saya pernah saksikan bibit padi yang berumur sekitar 8 hari dibuat areal bermain para tikus. Bibit yang dimakan terlihat sedikit, cuma yang rebah terlihat banyak. Dan banyak lagi kejadian yang disebabkan oleh hama tikus ini.

Untuk mengendalikan hama yang satu ini sudah banyak yang dilakukan, mulai dari memasang perangkap, pengasapan, pake racun tikus, dll.

Dalam satu kesempatan, saya berbincang dengan teman sesama penyuluh POPT. Dari perbincangan ini, saya dapat informasi bahwa untuk mengendalikan hama tikus bisa menggunakan singkong dan air kelapa.

Alhamdulillah di Bantul Jogjakarta, ada petani yang mencoba cara mudah untuk membasmi hama tikus ini. Nama petani ini adalah Pak Hartoyo. Hartoyo mengatakan, temuannya  adalah ramuan pengusir hama tikus dari singkong direbus yang dicampur dengan air kelapa. Jika tikus meminumnya, dia akan kehilangan nafsu makannya dan beberapa hari kemudian tikus akan mati. http://nasional.kompas.com/read/2008/12/07/19050693/Petani.Bantul.Ciptakan.Ramuan.Alami.Pengusir.Hama

Bagaimana Pak Hartoyo mencoba ramuan ini? awalnya percobaan ini dimulai dengan sembilan temannya dari pelatihan yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bantul. Kemudian, mereka kombinasikan dengan banyak membaca buku-buku yang terkait. Alat-alat dan ramuan yang ditemukan berlaku untuk pengendalian hama untuk jenis apapun.

Dengan resep yang sederhana ini, kita pun dapat mencobanya. Dan semoga tikus-tikus yang menyerang tanaman padi dan tikus-tikus yang ada di rumah kita dapat dikendalikan.

Saya pribadi sudah mencobanya, ingin saya lihat tikus-tikus yang ada di dalam rumah dalam 1 pekan ini. Kalau berkurang maka racun tikus ini akan saya buat terus. Sebab cara ini mudah dibuat dan ramah lingkungan.
gambare swegerrrr


Bahan dan Alat
1. siapkan singkong ( singkong lama -kalau bisa yang sudah ada warna kebiruan- )
2. air kelapa
3. panci
4. kompor

Cara pembuatan
singkong yang tua di potong-potong

1. potong-potong singkong gak usah dikupas kulitnya dan gak usah dicuci. kan buat tikus,,,
2. masukkan ke dalam panci
3. tuang air kelapa secukupnya
4. rebus sampai singkong matang
5. setelah selesai, dinginkan bebeberapa saat
6. taruhlan potongan singkong-singkong tsb ditempat yang dilalui tikus
7. ulangi terus cara ke-6 dalam beberapa hari

Dengan cara ini, memang tidak langsung bisa membunuh tikus. Akan tetapi setelah tikus memakan, nafsu makannya akan berkurang, sehingga dalam beberapa hari tikus akan mati.

Selamat mencoba,,,

Catatan: kita bisa membuat racun dari singkong ini dalam jumlah banyak, kemudian kita simpan untuk diberikan pada hari berikutnya.
http://ceritanurmanadi.wordpress.com/2012/02/14/racun-tikus-singkong-direbus-air-kelapa/